Pedoman Untuk Pemasangan Konstruksi Baja Gedung di JogjaKebutuhan akan konstruksi baja saat ini semakin berkembang, entah itu untuk perumahan, gedung-gedung maupun gudang. Karena selain pemasangannya yang mudah dan praktis, harganya juga tidak terlalu mahal jika menggunakan kayu, karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus seperti kayu. Untuk kebutuhan Konstruksi Baja Gedung di Jogja, juga sangat ekonomis dari segi bisnis, karena tidak akan terlalu sering mengeluarkan anggaran untuk perbaikan gedung. Dan untuk pemasangan nya, tetap berhati-hati agar tidak memuat terlalu berat ke rangka saat meletakkan ubin di atap gedung.

Pedoman Untuk Pemasangan

CV Mulya Teknik memberikan ulasan  untuk pedoman yang tepat untuk menghindari keruntuhan saat memasang material atap berat (ubin):

  1. Tile palet tidak boleh di tempatkan langsung di semua rangka Konstruksi Baja Gedung di Jogja. Selama proses pengangkatan, rak pengangkat hanya di topang oleh satu sisi di atap, dan talinya harus tetap di regangkan sampai pemuatan dan pembongkaran ubin selesai.
  2. Meskipun tidak di rekomendasikan, rak dapat di tempatkan langsung di atas atap jika jumlah ubin pengangkat tidak melebihi 50 batu bata per pengangkutan.
  3. Rak pengangkat searah harus lebih panjang dari 1200 mm, ini memungkinkan ketika palet di letakkan di atas atap. Itu akan di tempatkan setidaknya dua (02) gulungan atap utama, dengan ukuran umum pelat pengangkat adalah 0,9 mx 1,25 m.
  4. Biasanya, ubin di tempatkan satu per satu di atas platform utama. Apabila tumpukan ubin harus di tempatkan di antara dua rig, kita harus memperhatikan kasus kelebihan beban.
  5. Jika di tempatkan di rig utama, setiap tumpukan ubin tidak boleh menempatkan lebih dari 6 bata, apabila setiap ubin beratnya 5kg, artinya gaya pemfokusan tidak melebihi 30 kg. Jika tumpukan ini di tempatkan di antara dua rangka atap, jumlah ubin per tumpukan tidak boleh melebihi 4 bata (20kg).
  6. Tumpukan ubin harus terhubung dan menyebar merata ke seluruh area atap. Cara ini untuk menghindari deformasi bilah rangka atas karena terlalu banyak beban pada area kecil.
  7. Atap genteng tidak di perbolehkan untuk di naikkan dalam jangka waktu yang lama, mereka harus di naikkan dalam gelombang dan menyebar segera.
  8. Tumpukan ubin tidak boleh di biarkan semalaman di atas atap, waktu harus cukup untuk memuat dan memasang atap sebelum hari kerja berakhir.

Itulah tadi pedoman yang akan membantu memastikan pemasangan Konstruksi Baja Gedung di Jogja yang aman dan akurat, CV ini tidak akan menerima kerusakan karena pemasangan genteng tidak mematuhi peraturannya.

Kelebihan yang Disebabkan Oleh Rak Penuh Ubin

Beban yang di ijinkan di terapkan pada rangka atap tidak melebihi beban yang di distribusikan sebesar 166 kg / m2 atau beban seragam sebesar 200kg / m. berikut ini adalah contoh kelebihan yang disebabkan oleh rak penuh ubin adalah sebagai berikut:

  1. Beban terkonsentrasi dengan 100 ubin = 500 kg.
  2. Dengan asumsi bahwa waktu untuk mengangkat ubin harus bertumpu pada dua rangka atap utama.
  3. Untuk itu, setiap sisi rig akan mengangkat beban 250 kg / m yang bekerja langsung di rig atas.
  4. Pemuaian akan meningkat ketika lebar platform kurang dari 1 m.

Meskipun desain di perkirakan melebihi beban, kekuatan material yang di izinkan adalah 550 kg untuk memungkinkan muatan besar, tetapi kasing ini tidak di rekomendasikan. Sedangkan beban getaran Konstruksi Baja Gedung di Jogja yang di ijinkan adalah jenis beban khusus, yang harus di pertimbangkan secara terpisah dalam desain dalam kasus berikut:

  • Pipa air atau pipa air harus di tempatkan lebih tinggi dari batang rangka bawah untuk menghindari kontak antara kedua bahan.
  • Semua kipas langit-langit harus di lengkapi dengan dudukan terpisah. Jika dalam hal rangka baja didukung, kita harus mengisolasi beban getaran ini sebelum pemasangan.
  • Di lokasi dengan getaran besar seperti generator, pipa air tekanan tinggi, dll. koneksi harus di periksa ulang, jika tidak, maka tindakan spesifik harus di ambil.